Recent Entries

a

Popular Posts

b

Recent Comments

as

Macam-Macam Baptisan

Labels: 3 comments

Beberapa orang Kristen mengetahui bahwa jenis baptisan itu hanyalah: Baptisan air, baptisan Roh Kudus, baptisan api, dan baptisan tubuh Kristus. Itupun tidak semua yang mengerti makna dari beberapa baptisan yang mereka ketahui. Lewat artikel kali ini saya akan membahas jenis-jenis baptisan yang di sertai dengan arti dan maknanya.
Sebenarnya Alkitab sendiri mencatat tentang jenis-jenis baptisan lebih banyak dari pada apa yang kita ketahui, yang antara lain :

Baptisan Proselit: Baptisan untuk orang yang bukan Yahudi yang mau masuk ke dalam agama Yahudi
Cara pembaptisannya:
1.Disunat
2.Mempersembahkan korban
3.Membaptis dirinya sendiri

Baptisan Yohanes: 1) Sebagai tanda bahwa seseorang setuju dengan dekrit yang diumumkan & ditetapkan oleh Kingdom of God lewat Yohanes. 2)Sebagai tanda bahwa seseorang telah masuk & siap menerima pengajaran dari aliran baru yang dibawa Yohanes (Mat 3:1-6)

Baptisan Tuhan Yesus: Baptisan yang memiliki makna bahwa apa yang sudah diyakini lewat baptisan Yohanes telah digenapi & diteguhkan oleh Sang Raja (Yoh 1:35-37; 3:22)

Baptisan Air: Baptisan yang memiliki makna bahwa seseorang dengan kesadaran yang penuh mengikatkan dirinya kepada Kristus sabagai tanda pertobatan (Mat 3:11)

Baptisan RK: Sebagai tanda pemberian kuasa, karunia & buah Roh (Yoh 1:33; Kis 1:8; 11:15; Luk 11:13)

Baptisan Api: Memiliki makna dipisahkan dari unsur keduniawian - Pemurnian (Mat 3:11-12)

Baptisan Tubuh Kristus: Berbicara tentang kesatuan (1Kor 12:13)

Baptisan Awan & Laut: Berbicara tentang pemeliharaan Tuhan (1Kor 10:2)



3 Response to "Macam-Macam Baptisan"

blog kristen mengatakan...

menurut anda manakah baptisan alkitabiah yang menunjukkan kita percaya pada Yesus ?
Baptisan Selam atau Baptisan Percik ?
GBU

Hendri mengatakan...

@Blog Kristen: Thanks utk kunjungannya...Kalo anda bertanya manakah baptisan yang Alkitabiah, maka menurut saya tentu saja Baptisan Selam karena baptisan tersebut bukan hanya dilakukan oleh Tuhan Yesus sendiri tapi juga waktu Tuhan Yesus membaptis pengikutNya, Dia membaptianya dengan baptisan selam....

Anonim mengatakan...

Oke...MASbrO...saya telah memahami arti Baptisan...Trimakasih Infonya...Mari kita Membangun Tubuh Kristus di Era Krisis Iman di Jaman Modern ini...JBU

Post a Comment